Blog ini masih dalam tahap penyempurnaan dan pengembangan...Silakan kunjungi halaman Forum untuk bergabung...Mohon maaf atas segala kekurangan yang masih terdapat dalam Blog ini...Terimakasih

TERAPI AUTIS DENGAN KASIH SAYANG

Selasa, 25 November 2008 ·

Pengembangan Sederhana Terapi Autis Metode Lovaas


Autis selalu memiliki dinamika tersendiri. Inilah yang selalu saya sampaikan dalam beberapa postingan sebelumnya yang juga membahas mengenai penanganan anak atau balita dengan Autis.

"Terapi Autis Dengan Kasih Sayang" sengaja saya angkat sebagai judul postingan kali ini, sebab banyak orangtua anak autis maupun terapis autis yang mungkin tanpa disadari sering melupakan pentingnya unsur atau elemen yang cukup menentukan kesuksesan terapi anak autis,

Penanganan autis atau terapi autis dengan Metode Lovaas sendiri sebenarnya sudah jelas menerangkan bahwa kasih sayang terhadap anak autis merupakan kunci kesuksesan dalam setiap penerapan metode terapi autis.

Orangtua anak autis maupun terapis autis hendaknya menempatkan kasih sayang sebagai pondasi awal dalam setiap tahapan pelaksanaan terapi autis, sebab seorang terapis anak autis selain dituntut memiliki sikap professional hendaknya juga mengutamakan prinsip penerapan kasih sayang pada individu dengan autis.

Empati dan respek terhadap setiap perilaku anak autis memang merupakan faktor mutlak dalam penatalaksanaan terapi khususnya metode lovaas. Seorang terapis autis tidak boleh memandang individu autis sebagai sesuatu yang tidak berharga, namun kendati demikian sikap tegas penuh kasih sayang tetap diperlukan dalam menangani anak autis.

Penanganan autis dengan kasih sayang ini juga dapat membawa dampak positif pada diri terapis autis, sebab dengan memantapkan dasar kasih sayang sebagai landasan pelaksanaan terapi autis, maka diyakini dapat meminimalisir munculnya tekanan psikis pada terapis itu sendiri, karena seperti telah kita ketahui bersama penanganan autis sangat memerlukan ketulusan dan kesabaran dalam menerima berbagai dinamika yang terjadi pada anak autis.

Kiranya itu dulu posting sederhana saya kali ini tentang autis, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya para orangtua dan terapis anak autis.

AUTIS|AUTISME|AUTISMA|AUTISTIK|AUTISM

Posting Lain Terkait Autis|Autisme|Autisma|Autistik



1 komentar:

Anonim mengatakan...
28 November 2008 pukul 13.04  

YUp.. dari apa yang pernah anakku dapatkan... saya justru.. melihat.. "kebanyakan" para terapis yang menggunakan sistim Loovas ini.. justru.. sangat "keras"...

Yah.. akhirnya.. justru yang ada seperti adanya "child abuse" karena adanya lebam-lebam pada anak...

Maaf.. tapi ini nyata...

Mungkin perlu adanya.. "kesamaan persepsi lagi ya.. keseluruh terapis di semua tempat terapis yang ada di Indonesia ini.. tentang misi dan visi yang dibawa oleh pak Loovas... sehingga (kalau saya baca teori awalnya memang yang seperti ibu tuliskan ya...) kasih sayang dapat dimunculkan kembali..

Makasih juga ya.. udah singgah ke rumahku

POSTING TERBARU

DAFTAR PENGIKUT BLOG INI