Blog ini masih dalam tahap penyempurnaan dan pengembangan...Silakan kunjungi halaman Forum untuk bergabung...Mohon maaf atas segala kekurangan yang masih terdapat dalam Blog ini...Terimakasih

SABAR MERUPAKAN KUNCI PENANGANAN AUTIS

Kamis, 13 November 2008 ·

Sebuah catatan kecil seorang yang peduli terhadap anak autis


Menangani anak autis memang memiliki fenomena dan dinamika tersendiri, tanpa terkecuali baik bagi para orangtua, ahli, dokter, psikolog maupun terapis anak autis. Pemahaman dan kesabaran tentu sangat diperlukan demi pencapaian hasil maksimal dalam menangani anak autis, seorang yang ahli secara teoritis belum dapat dipastikan mampu menangani anak autis dengan berbagai keterbatasan dan kesenjangan perkembangan perilaku yang dimiliki anak dengan autis.

Sebagai suatu gangguan perkembangan, autis hingga saat ini memang belum diketahui secara pasti penyebabnya, sehingga pengobatan secara medis untuk autisme sendiri belum dapat dipastikan seperti layaknya sakit kepala maupun penyakit diare yang dapat segera disembuhkan.

Kendati demikian, setiap kemajuan atau progress yang kita dapatkan setiap bulan, minggu, hari, jam, menit bahkan setiap detik harus senantiasa disyukuri. Pasrah dan berserah juga bukan berarti tanpa usaha, sebab banyak bukti yang menunjukkan bahwa kesabaran dan perhatian yang ditunjukkan kepada anak dengan autis dapat membantu proses terapi autisme.
  • "Saat ini kita boleh ditendang, namun rasa sakit itu akan segera tergantikan dengan setiap detik kontak mata yang terjalin antara orangtua dan anak dengan autis"
  • "Saat ini tenggorokan kita boleh kering, namun dahaga itu akan segera hilang manakala kita mendengar beberapa getaran kata yang terucap secara mandiri dari bocah kecil dengan autis"
  • "Saat ini badan kita boleh basah dengan keringat demi menjaganya namun semua itu akan tergantikan seketika saat anak dengan autis mau melakukan arahan sederhana yang kita ucapkan"
Banyak pengobatan dan terapi yang ditawarkan untuk anak dengan autis, namun kunci keberhasilan dari semuanya itu sebenanrnya adalah ketulusan doa dan kesabaran dari dalam diri kita sendiri.

Posting Lain Terkait Autis|Autisme|Autisma|Autistik



0 komentar:

POSTING TERBARU

DAFTAR PENGIKUT BLOG INI