Blog ini masih dalam tahap penyempurnaan dan pengembangan...Silakan kunjungi halaman Forum untuk bergabung...Mohon maaf atas segala kekurangan yang masih terdapat dalam Blog ini...Terimakasih

PENGERTIAN AUTIS SECARA GLOBAL DENGAN BAHASA RINGAN

Jumat, 07 November 2008 ·

“AUTIS” ADALAH GANGGUAN PERKEMBANGAN

|Bukan Penyakit|Bukan Kelainan||Bukan Bahan Ejekan|

Judul maupun sub judul dari postingan saya kali ini memang saya tekankan tentang “pengertian autis secara global dengan bahasa ringan” sebab saya ingin memperkenalkan “autis” dengan bahasa saya sendiri yang mudah-mudahan dan insyaallah tidak melenceng dari “definisi autis” yang dipopulerkan oleh para dokter, psikologi maupun terapis autis lainnya.

Autis : Gangguan Perkembangan

Ya… “autis” hanyalah gangguan perkembangan jadi jangan sekali-kali memberikan vonis bahwa anak, remaja, atau balita dengan “autis” dengan sebutan “penderita autis” atau “penyandang autis” karena gangguan perkembangan yang biasa disebut “autis”, “autisme”, "autisma" atau “autism” bukan merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, kuman, maupun jamur. Selain bukan penyakit, autis juga bukanlah gangguan jiwa apalagi gangguan roh halus, jin, makhluk gaib atau apapun istilah lain yang terkesan sangat memojokkan.

Sedih memang jika masyarakat Indonesia memiliki pandangan yang sangat sempit tentang “autis”. Paradigma ini tentu saja harus segera dirubah dan semoga saja upaya kecil saya ini dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan pemahaman masyarakat tentang istilah “autis”, “autisme”, "autisma" atau “autism”.

Autis adalah sebuah gangguan perkembangan yang umumnya ditandai oleh tiga gejala utama yakni interaksi sosial, komunikasi dan perilaku.

Penyebab autis sendiri hingga kini belum diketahui secara pasti namun akan saya coba jelaskan pada postingan berikutnya, termasuk ketiga gejala gangguan perkembangan yang terjadi pada anak, remaja, atau balita dengan “autis” seperti yang saya sebutkan di atas.

Kiranya itu dulu posting pengantar saya tentang “pengertian autis dengan bahasa sederhana” ini. Semoga postingan berikutnya dapat lebih membuka kerangka berfikir kita terhadap “autis”

Terimakasih dan semoga bermanfaat,

Posting Lain Terkait Autis|Autisme|Autisma|Autistik



0 komentar:

POSTING TERBARU

DAFTAR PENGIKUT BLOG INI