Blog ini masih dalam tahap penyempurnaan dan pengembangan...Silakan kunjungi halaman Forum untuk bergabung...Mohon maaf atas segala kekurangan yang masih terdapat dalam Blog ini...Terimakasih

AUTIS DENGAN PERILAKU EKSESIF

Kamis, 13 November 2008 ·

Deteksi dini tentang gejala autis



Anak saya suka menjerit sendiri tanpa alasan yang jelas, apakah berarti dia Autis?
Anak saya suka memukul temannya, apakah berarti anak saya mengalami Autis?
Anak saya susah sekali diatur, apakah anak saya termasuk Autis?
Anak ibu hyperaktif, itu artinya dia Autis?

Spekulasi tanpa alasan mendasar seperti beberapa ungkapan di atas mungkin sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Mengenal gejala Autis sebenarnya tidak segampang itu meskipun memang kondisi perilaku tersebut cenderung mengarah kepada gejala Autis tapi seklai lagi saya jelaskan bahwa "mengenali Autis" tidak segampang yang kita bayangkan.

Secara garis besar gejala perilaku anak dengan Autis umumnya memang digolongkan dalam dua jenis, yakni perilaku eksesif dan perilaku defisit. Pada postingan kali ini saya akan coba membahas mengenai perilaku eksesif pada autis.

Dengan bahasa yang sederhana perilaku eksesif pada autis dapat dikatakan sebagai perilaku yang berlebihan. Hyperaktif dan gejala Tantrum merupakan salah satu bagian dari gejala perilaku autistik yang tergolong ke dalam perilaku eksesif ini.

Gejala perilaku autistik dengan perilaku eksesif ini biasanya terlihat pada anak autis yang suka atau gemar sekali menjerit, menggigit, memukul, menendang, mencakar serta perilaku berlebihan lainnya.

kendati demikian, jika kita menemui anak, saudara, maupun tetangga kita dengan perilaku tersebut di atas hendaknya jangan terburu-buru memvonis bahwa anak tersebut mengalami Autis, karena perlu dipertimbangkan intensitas dan kualitas gejala perilaku tersebut terlebih dahulu, serta tidak lupa mengamati gejala lain yang umumnya tampak pada perilaku anak dengan autis.

Deteksi dini dan konsultasi yang sesegera mungkin, memang akan jauh lebih baik jika kita menemukan beberapa gejala penyimpangan perilaku tersebut.

Sekian dulu postingan saya mengenai "Gejala Autis dengan Perilaku Eksesif" kali ini, semoga pada postingan selanjutnya saya bisa menjelaskan tentang gejala perilaku autis yang lain yakni perilaku defisit yang juga merupakan golongan perilaku autistik.


Semoga bermanfaat,


Posting Lain Terkait Autis|Autisme|Autisma|Autistik



0 komentar:

POSTING TERBARU

DAFTAR PENGIKUT BLOG INI